nengnina’s diary

Nengnina sekarang sudah ada di hatenablog lho. Lebih seru tulisannya

Tips Menjadi Distributor Minyak Goreng Sukses

Di zaman seperti sekarang ini, sebagian masyarakat lebih memilih minyak goreng kemasan daripada menggunakan minyak goreng yang biasa atau curah. Bukan hanya kejernihan minyaknya saja yang menjadi beberapa alasan masyarakat memilih minyak goreng kemasan, namun selisih harganya juga tidak terlalu jauh dengan harga minyak goreng biasa atau minyak goreng curah. Selain itu alasan menggunakan minyak goreng kemasan lebih sehat dibandingkan dengan minyak biasa juga menjadi bahan pertimbangan.

f:id:nengnina:20170822135817j:plain

Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya membeli dengan jumlah banyak, tentu saja untuk membeli minyak goreng dalam jumlah banyak harus ke toko grosir minyak goreng agar bisa mendapat potongan harga.

Resiko & Tips Menjadi Distributor Minyak Goreng

Menjadi distributor minyak goreng kemasan merupakan langkah usaha yang menguntungkan, apalagi jika bisa mendapatkan potongan harga dari pabrik langsung. Cara untuk menjadi distributor minyak goreng sendiri tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan oleh banyak orang, namun ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar cepat mendapat persetujuan untuk menjadi distributor minyak goreng dan bisa grosir minyak goreng.

Memilih untuk menjadi distributor minyak goreng adalah salah satu usaha yang resiko ruginya kecil, karena apa? Minyak goreng ini adalah salah satu bahan sembako yang sangat diperlukan oleh masyarakat sehari-hari. Selain itu masa kadaluarsa minyak goreng juga panjang, jadi kemungkinan rugi tidak terjualnya sedikit, terlebih harga minyak goreng selalu stabil tidak pernah turun sejauh ini bukan? Berikut adalah beberapa tips atau langkau untuk menjadi seorang distributor minyak goreng kemasan

Siapkan bentuk badan usaha atau instansi

Langkah pertama untuk menjadi seorang distributor minyak goreng kemasan adalah dengan membuat bentuk badan usaha, misalnya dengan membangun koperasi. Karena biasanya dengan membuat badan usaha seperti koperasi, distributor minyak goreng akan lebih dipercaya. Selain bisa untuk mempermudah kerjasama, langkah ini juga dapat digunakan sebagai langkah strategi untuk mempermudah dalam penjualan.

Baca juga: 

nengnina.hatenablog.com

Dengan memiliki badan hukum sendiri, tentu saja akan lebih menarik banyak pelanggan yang biasanya adalah toko grosir minyak goreng. Dimana toko grosir minyak goreng ini tentu akan membeli dalam jumlah banyak, dan bukan tidak mungkin toko grosir minyak goreng yang menjadi pelanggan akan lebih percaya. Cara atau langkah menjadi distributor minyak goreng yang pertama ini merupakan salah satu cara agar bisa cepat mendapatkan persetujuan.

Membuat surat izin dagang

Yang tidak kalah penting adalah membuat surat izin dagang, karena surat ini akan diminta ketika akan menjadi seorang agen atau akan memulai bekerjasama dengan distributor minyak goreng. Karena menjadi distributor minyak goreng resmi memang harus terlebih dahulu memiliki surat izin dagangnya, bahwa di wilayah Anda belum ada agen atau distributor minyak goreng dari produk tersebut.

Atau Anda bisa melakukan cara menjadi agen atau distributor minyak goreng dengan cukup mudah, yakni hanya cukup dengan mendaftar dan juga bekerjasama ke pihak perusahaan langsung atau agen resmi minyak goreng kemasan yang ada di daerah Anda masing-masing. Namun sebelum mendaftar menjadi agen atau distributor minyak goreng resmi sebaiknya siapkan modal dan juga beberapa alasan agar semakin mantap untuk menekuni peluang usaha ini.

Untuk sekedar infromasi saja, bahwa di tahun 2015 lalu pihak Pemerintah menghapus keberadaan minyak goreng biasa atau minyak goreng curah yang diganti denga minyak goreng kemasan atau dalam bentuk botol, jirigen atau refil yang sesuai dengan SNI atau standar Nasional Indonesia.

Jadi apakah Anda berminat untuk menjadi distributor minyak goreng kemasan? Jika berminat sebaiknya pelajari dan juga lakukan beberapa langkah di atas tadi, semoga bermanfaat.