nengnina’s diary

Nengnina sekarang sudah ada di hatenablog lho. Lebih seru tulisannya

Pemilik Mobil, Ini Cara Merawat Aki Kering Biar Awet!

Aki atau baterai adalah salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan, termasuk mobil. Ini karena aki merupakan sumber satu-satunya untuk suplai energi listrik bagi kendaraan.

f:id:nengnina:20170927133236j:plain

Terdapat dua jenis aki kendaraan bermotor – baik mobil ataupun sepeda motor – yaitu: aki basah dan aki kering. Namun, kali ini mari kita bahas mengenai aki kering. Ini karena aki kering lebih umum digunakan oleh kendaraan zaman sekarang. Pabrik sendiri memilih penggunaan aki kering dibandingkan dengan aki basah karena keunggulannya. Performa yang dihasilkan oleh aki kering lebih bagus dan tahan lama. Bahkan, tak perlu repot merawatnya!

Meski merawat aki kering biar awet tak repot, tetap saja butuh perhatian khusus, ya! Nah agar kendaraan bermotor yang dimiliki – khususnya mobil – awet, simak beberapa tips menarik berikut soal perawatan aki mobil.

Tips Merawat Aki Kering Biar Awet – Pada Mobil

Pastikan memastikan peralatan elektronik sebelum mematikan mesin

Beberapa peralatan elektronik seperti lampu interior, lampu parkir, lampu depan, wiper, radio, alarm mobil serta navigasi GPS dan pemutar musik dan video – pastikan semua perangkat tersebut dimatikan. Ini karena perangkat elektronik yang dibiarkan hidup padahal mesin mobil mati akan menguras daya aki kering di mobil. Kemudian, bahkan bisa merusak sistem listrik pada mobil.

Hindari karat di bagian terminal aki

Karat pada bagian terminal aki akan menurunkan umur aki. Jadi, pastikan untuk membersihkan karat pada terminal aki. Apabila kamu tak sempat membersihkannya seorang diri, sempatkan datang ke bengkel, ya! Montir akan membantu membersihkan karat di bagian terminal aki. Aki pun akan lebih tahan lama.

Aki mobil pastikan sudah di-charge apabila tidak akan menggunakan mobil dalam waktu seminggu atau dua minggu ke depan

Ada baiknya tidak biarkan aki kering pada mobil ‘kosong’ tidak terisi daya listrik dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, panaskan mobil secara rutin walaupun tidak sedang menggunakan mobil dalam waktu lama ke depannya. Ini agar daya pada aki akan tetap terisi.

Baca juga:

nengnina.hatenablog.com

Periksa apakah ada kabel longgar dan periksa dudukan aki

Yang tak kalah penting ketika merawat aki kering biar awet adalah memeriksa secara rutin apakah ada kabel longgar dan periksa juga dudukan aki. Dudukan aki yang tidak bagus alias berkarat kemungkinan besar akan membuat aki menjadi tidak stabil. Ini karena posisi aki jadi bergetar ataupun berganti posisi Yang ada malah umur aki mobil jadi makin pendek. Padahal harga aki kering mobil terbilang tidak murah, bukan? atau mencari yang jual accu grosiran yang lebih murah?

Sebagai informasi saja, usia aki kering pada mobil biasanya mencapai satu tahun. Jadi, lebih dari usia tersebut – ada baikya untuk segera ganti. Mobil pun akan jadi lebih terawat dan dapat digunakan untuk beragam perjalanan yang kamu butuhkan. Tidak perlu repot akan terjadi mogok ataupun beberapa kerusakan yang malah bikin jadwal kamu molor. Tidak mau, kan, rencana gagal hanya karena aki mobil rusak dan butuh perbaikan? Pun demikian, selama waktu tersebut – pastikan untuk rutin merawat aki pada mobil.

Semoga tips yang disebutkan di artikel ini akan bantu kamu menjaga dan merawat aki kering biar awet! Jadi, tak perlu banyak pengeluaran dalam waktu dekat. Silakan terapkan beberapa tips penting yang sudah disebutkan.