nengnina’s diary

Nengnina sekarang sudah ada di hatenablog lho. Lebih seru tulisannya

Mewujudkan Mimpi Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Siapa sih yang tidak mau untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi di luar negeri? Apalagi sudah terjaminnya fasilitas yang modern & teknologi yang maju ini yang menjadi tinggi nya permintaan untuk kuliah di negeri orang sana. 

f:id:nengnina:20180816150723j:plain

Lantas, Bagaimanakah Caranya Agar Itu Terwujud?

Ya benar sekali, pertanyaan tersebut ga hanya kamu saja yang menginginkan kuliah di luar negeri. Selain prestige yang tinggi dari study abroad ini, kualitas konsep diri juga makin baik untuk bersaing di negeri kita, apalagi pemerintah sudah merencanakan program Masyarakat Ekonomi ASEAN lho. 

Bagi kita dari keluarga ekonomi tidak mampu, langsung down duluan memikirkan biaya-biaya yang mustahil di keluarkan, sehingga cuma sebatas angan-angan saja. Tidak perlu pesimis, bagi kamu yang benar-benar merubah kehidupan melalui study abroad ini harus tetap optimis, karena luasnya samudera untuk menuju kesuksesan masih terbuka lebar. Asalkan kamu rajin mencari informasinya, apa saja yang harus dilakukan? Simak tulisan ini:

#1. Jangan Malu Bertanya Ke Kerabat / Alumni / Seseorang yang Pernah Kuliah di Luar Negeri

 

f:id:nengnina:20180816150505j:plain

Semua itu balik lagi ke niat masing-masing, di dunia ini ga ada yang mustahil apalagi untuk mewujudkan cita-cita kalian yang ingin menimba iilmu di negeri orang. Ya sudah pasti, langkah pertama yang terpenting adalah bekal kamu menguasai bahasa asing (biasanya Bahasa Inggris) karena bahasa ini bahasa universal untuk melakukan komunikasi. 

Baca juga: Bagaimana Cara Kuliah Ke Luar Negeri

Nah selanjutnya, tekadkan semangatkan tanpa ragu untuk mencari informasi dengan bertanya ke sanak saudara, kakak alumni sekolah kalian yang pernah atau bahkan sedang melakukan study di negeri orang sana. Dari informasi yang kamu dapat sangat penting untuk bekal disana.

#2. Pikirkan dengan Matang Destinasi Negara Tujuan Untuk Kuliah

f:id:nengnina:20180816151040j:plain

Mau kuliah di luar negeri berarti kamu sudah pasti harus melakukan breakdown negara-negara mana yang menjadi destinasi kamu nanti untuk belajar disana.

lihat juga: Asia University Rankings 2018 research Times Higher Education

Alasannya adalah di setiap negara memiliki budaya yang unik agar kamu ga kena culture shock, bagaimana sistem nya ini juga harus kamu ketahui. Ya semoga saja kamu bisa ke negara yang terdekat dulu, mungkin di Asia Tenggara seperti di Singapura, Malaysia.

#3 Buang Mitos-Mitos Negative Yang Di Katakan Orang-Orang

f:id:nengnina:20180816152331j:plain

Banyak yang bilang "ah ngapain si kuliah jauh-jauh disana, ribet tau ngurusinnya" wah ini sih kalo kamu mengikuti arus orang-orang mainstream bisa jadi pupus sudah harapan kamu buat apa memantapkan diri pada poin #1 di atas. Ya memang sukses itu butuh kerja keras dan sangat extra kamu lakukan, apalagi kamu dari keluarga yang tidak mampu.

Di sangka Chairul Tanjung si "Anak Singkong" tidak berjuang keras untuk sukses? Semua dari nol loh. Toh 5-10 tahun kedepan kamu juga akan merasakan dampak nikmatnya, cukup kamu tunjukan ajah ke orang yang bilang tersebut bahwa kamu bisa. 

Ya mungkin #3 poin penting yang bisa saya share agar cita-cita kalian terwujud melalui pendidikan, tetap semangat dalam keadaan apapun dan pasti bisa :)