nengnina’s diary

Nengnina sekarang sudah ada di hatenablog lho. Lebih seru tulisannya

Meski Sempit, Begini Cara Atur Perabotan Anak Kos

Menjadi anak kos, khususnya untuk kaum wanita akan merasa belajar jadi ibu rumah tangga. Kos-an harus dilengkapi dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga layaknya di rumah. Sebut saja tempat tidur, lemari, televisi, dispenser, alat makan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sebagai anak kos, harus pintar-pintar dalam memilihnya. Pilih yang paling sesuai dan menunjang kebutuhan, namun sesuai juga dengan kondisi tempat dan keuangan. Seperti misalnya, memilih untuk gunakan dispenser galon bawah daripada dispenser yang sedikit ribet tampilannya. 

f:id:nengnina:20161128133138p:plain

 

Tips Kebutuhan Kamar Kos

Berikut ini ada beberapa tips bagi anak kos dalam memenuhi kebutuhan kamar kosnya tersebut.

Harus diingat bahwa mesikupun kos tidak akan selamanya, bukan berarti barang-barang tersebut semasa habis kos-an tersebut tidak bisa menjadi uang atau bermanfaat untuk digunakan kembali di tempat baru atau di rumah. Jadi, pilihlah yang berkualitas dan memiliki daya tahan lama agar bisa digunakan kembali atau bisa dijual lagi kepada penghuni kos baru yang akan menempati tempat kita nanti dengan harga yang masih terhitung tinggi.

Perhatikan ukuran tempat kos saat akan membeli barang-barang tersebut. Jika ukurannya terbatas, maka barang-barang yang dibeli haruslah yang ukurannya minimalis agar semua barang yang dibutuhkan tersebut bisa masuk atau muat tanpa mengurangi kenyamanan gerak di dalam ruang. Sebaliknya, jika ruangan luas maka masalah ukuran barang tidak akan terlalu bermasalah. Namun, rata-rata kos-an ukurannya terbatas.  Rekomendasi untuk dibaca: Referensi Bagi Anda yang ingin Mencari Jet Pump

 

Sebaiknya datanglah membeli ke toko peralatan rumah tangga langsung untuk mendapatkan barang yang bagus. Barang yang bisa dicek kualitasnya terlebih dahulu. Toko peralatan rumah tangga pun tidak selalu khusus, bisa juga dari pusat perbelanjaan yang menyediakan banyak diskon. Jika malas keluar, belanja online memang alternative mudahnya. Hanya saja, akan lebih baik memilih yang bisa cash on delivery dengan free ongkir. Mengingat barang-barang rumah tangga seperti barang elektronik ukurannya akan lebih dari 1 kg, jika harus menggunakan jasa pengiriman pasti dikenakan ongkir yang mahal. Pastikan juga yang masa pengirimannya hanya sebentar agar tidak perlu menunggu lama sampai barangnya datang.

Untuk mendapatkan barang berkualitas seperti di nomor 1, maka merk yang harus dipilih adalah merk ternama.

Pilihlah model barang yang paling sesuai dengan ukuran tempat. Misalnya, untuk lemari agar ukurannya minimalis jangan memilih lemari kayu, tapi lemari plastik berbentuk laci. Selain lebih minimalis, mudah dibongkar. Begitu juga untuk dispenser, tidak tepat rasanya memilih dispenser model galon bawah sebagaimana sudah disinggung di awal. harga dispenser galon bawah bukan hanya mahal tapi ukurannya juga besar. Memakan tempat. Pilih disepenser model biasa saja yang mini, yang bisa dipakai dengan menggunakan rak dudukan ataupun hanya dibiarkan di lantai saja. Baca juga: Butuh Kotak Pendingin? Sebelum Membeli, Simaklah Tips Memilih Cooler Box Yang Mudah Berikut Ini


Agar tidak membuat sempit ruangan, atur penempatan dengan benar. Oleh karena itu, jika terlalu sempit ukuran ruangnya, sebaiknya pilih kasur yang bisa dilipat. Sehingga, saat siang bisa dilipat untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

 Sebaiknya, tidak menempatkan barang di depan jendela kamar kos tersebut agar tidak menghalangi udara dan cahaya yang masuk. Demikian juga jika kamar kosnya dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Jangan menyimpan barang, khususnya yang berhubungan dengan makanan dan minuman di dekat pintu masuknya. Kesannya jadi kurang sehat. Jika ingin memasang tv, sebaiknya pilih jenis LCD atau LED. Saat ini banyak ukuran tv layar datar tersebut yang kecil agar bisa ditempel di dinding, tidak membutuhkan rak. Jadi, ruangan kamar kos bisa terlihat lebih luas.